Wednesday, September 11, 2013

10 Perusahaan Penghasil Minyak Terbesar Dunia

1. Saudi Aramco

 Produksi: 12,5 juta barel per hari

Sejauh ini, Saudi Aramco merupakan perusahaan energi terbesar di dunia dengan pendapatan lebih dari US$ 1 miliar per hari. Lahan tambang terbesar Saudi Aramco bisa menghasilkan 5 juta barel per hari.


2. Gazprom
 

Produksi: 9,7 juta barel per hari

Gazpum, perusahaan asal Rusia merupakan produsen gas alam terbesar di dunia. Keuntungannya bisa mencapai lebih dari US$ 40 miliar per tahun.

3. Iranian Oil Co


Produksi: 6,4 juta barel per hari

Iran dipaksa menghentikan produksi minyaknya menyusul sanksi internasional. Meski begitu, Iran tetap menjadi produsen minyak dan gas terbesar di dunia.

4. ExxonMobil


Produksi: 5,3 juta barel per hari

Keuntungan tahunan Exxon sebesar US$ 40 miliar terlihat sedikit dibandingkan transaksi penjualan yang melambung hingga US$ 400 miliar.

Exxon saat ini tengah membahas kerjasamanya dengan produsen minyak raksasa Rusia, Rosneft.

5. PetroChina


Produksi: 4,4 juta barel per hari

Perusahaan minyak milik negara ini merupakan yang ketiga terbesar di China. PetroChina juga memiliki catatan pasar tertinggi dibanding penjualan dari produsen lain.

Saat ini China sudah memproduksi lebih banyak minyak daripada ExxonMobil.

6. BP

Produksi: 4,1 juta barel per hari

Saat ini BP tengah kewalahan mempertahankan jumlah produksi 4,1 juta barel per hari. Perusahaan tengah membahas penjualan 50% sahamnya di TNK-BP Rusia atau setara dengan sepertiga hasil produksi.

7. Royal Dutch Shell


Produksi : 3,9 juta barel per hari

Shell berharap musin panas ini bisa mulai mengebor minyak di pantai Chuckchi Alaska. Selama bertahun-tahun Shell terus menyempurnakan rencana pengeboran minyaknya di beberapa lokasi tambang.

8. Pemex


Produksi: 3,6 juta barel per hari

Hasil produksi lahan tambang terbesar di Mexico, Cantarell anjlok sebanyak 2 juta barel per hari. Sisanya saat ini hanya sekitar 600 ribu barel per hari.

Pemex berperan menutupi kelangkaan akibat kurangnya pasokan minyak dari pertambangan lain.

9. Chevron


Produksi : 3,5 juta barel per hari

Chevron membeli Atlas Petroleum pada 2010 seharga US$ 4,3 miliar untuk menambah lahan di Marcellus dan shale Utica. Dengan harga gas yang rendah, sebagian mengharapkan kesepakatan yang lebih besar.

10. Kuwait Petroleum Corp


Produksi: 3,2 juta barel per hari

Perusahaan minyak Kuwait ini berdiri pada 1934 oleh perusahaan yang saat ini dikenal sebagai Chevron dan BP. Pada 1975, perusahaan kemudian dipatenkan menjadi milik negara.

Saat ini, operasi tambang di Burgan yang merupakan lahan terbesar Kuwait dilanjutkan Chevron.


No comments:

Post a Comment